Common questions

Apakah Katekismus Gereja Katolik?

Apakah Katekismus Gereja Katolik?

Paus Yohanes Paulus II, dalam konstitusi apostolik Fidei depositum, menyatakan bahwa Katekismus Gereja Katolik adalah “suatu instrumen yang sah dan valid untuk persekutuan gerejani serta suatu norma yang pasti untuk pengajaran iman.

Siapa Katekismus Gereja Katolik?

Katekismus Gereja Katolik ( bahasa Latin: Catechismus Catholicae Ecclesiae ), atau biasa disingkat KGK, adalah katekismus yang dipergunakan dalam Gereja Katolik; penggunaannya diresmikan oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1992.

Apakah KGK merupakan dokumen yang mendasari katekismus Katolik?

KGK sendiri bukan merupakan dokumen dengan format pertanyaan dan jawaban. Sebaliknya, KGK adalah suatu sumber yang mendasari katekismus-katekismus semacam itu (misalnya Youcat dan United States Catholic Catechism for Adults) dan pemaparan ajaran Katolik yang lain, sehingga disebut sebagai sebuah “katekismus utama”.

Apa yang dapat diberikan pengganti Petrus kepada Gereja Katolik?

Pengesahan dan penerbitan “Katekismus Gereja Katolik” merupakan satu pelayanan yang dapat diberikan pengganti Petrus kepada Gereja Katolik yang kudus dan kepada semua Gereja lokal, yang hidup dalam damai dan persekutuan dengan Takhta Apostolik Roma: yaitu pelayanan untuk menguatkan dan meneguhkan semua murid Tuhan Yesus di dalam iman (bdk.

https://www.youtube.com/watch?v=ST50l2C2bfo

Share this post